The Fearsome Four: FEAR

“God wants us to walk in faith, but satan wants us to walk in fear”

 

Teman-teman, dalam empat edisi ke depan, kita akan belajar bersama dari seri kotbah Joyce Meyer dengan tema: The Fearsome Four, yang terdiri dari FEAR, GUILT, INSECURITY, dan WORRY. Ini adalah empat senjata setan untuk menjatuhkan diri kita.

Yang pertama adalah FEAR ( rasa takut ). Mungkin kita pernah merasa: ingin mengambil suatu peluang, tapi takut gagal; ingin mengutarakan pendapat, tapi takut dimarahi; ingin melakukan sesuatu, tapi merasa tak mungkin bisa. Itu adalah beberapa contoh dari rasa takut. Kita takut sesuatu yang buruk terjadi jika kita melakukan suatu tindakan atau langkah.

Takut berasal dari PIKIRAN. Kita membayangkan sesuatu yang buruk akan terjadi, kita membayangkan seseorang akan marah jika kita menegurnya, atau kita merasa bahwa kita terlalu jelek untuk dapat melakukannya. Tapi, catat !! Itu semua hanya ada di pikiran kita. Semua hanyalah “negative thinking” yang berputar-putar di kepala kita.

Ingatlah baik-baik ayat ini, “Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku” (Ayub 3:25) Kita perlu menutup semua pikiran itu. Katakan, “Aku tak mau memikirkannya. Aku menolak semua pikiran itu” Sebaliknya, pikirkanlah hal-hal yang positif dan yang membangun (baca Flp 4:8).

Ada juga orang yang selalu berkata, “Aku tidak bisa. Aku terlalu bodoh untuk melakukannya. Siapa aku sampai bisa mendapatkannya?”

Well, masalah utamanya adalah: kita sering menganggap rendah diri kita. Mungkin kita jelek, kita bodoh, kita tidak mampu. Mungkin semua itu benar :p tapi biarpun begitu, kita sebaiknya tidak melihat diri kita sendiri, tapi melihat diri kita DI DALAM Tuhan.

Mungkin kita tidak mampu, tapi Dia kan bersama kita! Dia yang akan bekerja, membuka jalan bagi kita. Kita juga harus mempelajari apa yang Tuhan katakan tentang kita. Mungkin saat ini kita cuma menjadi bawahan, tapi ingatlah janji Tuhan “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun,  apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan   dengan setia” (Ulangan 28:13) Peganglah kata-kata itu. Kalau perlu, perkatakanlah hal-hal tersebut sebagai penyemangat dirimu. Jangan biarkan keadaan sekarang menipu dirimu.

Rasa takut juga sering menahan kita untuk melakukan suatu tindakan. Ini dapat berarti: menahan kita untuk menerima berkat Tuhan, atau menghalangi kita mencapai potensi maksimal kita. Hilangkanlah rasa takut ini, maka kita akan menjadi 200% dari diri kita sekarang.

Wait, tapi ini bukan berarti kita dapat mencoba segala hal lhoo.. Kita tetap mesti berpegang pada bimbingan Tuhan, mau kemana Dia membawa kita, dan apa yang menjadi bagian kita. Contoh: tidak semua orang punya bakat menyanyi. Jadi jangan mentang-mentang kita yakin Tuhan bersama kita. Kita jadi “keukeuh” untuk menjadi penyanyi.

Bagaimana kalo kita sudah mencoba, tapi gagal? Well, tidak semua percobaan pertama itu berhasil, lho! Tahukah anda, bahwa Thomas Alfa Edison, penemu lampu pijar, gagal 10083 kali, sebelum usaha ke-10084 membawanya menjadi salah satu penemu dan pengusaha tersukses di jamannya. Tengking kata “gagal” dari kamus kita, gantilah dengan “belum berhasil”. Bagaimana kalo belum berhasil juga? Well, sukses itu bukan suatu tujuan yang harus dicapai, tapi adalah suatu perjalanan, perjalanan kita dengan Tuhan.

Jadi teman-teman, janganlah kita merasa takut. Takut itu dosa lho! Takut adalah tanda ketiadaan dari iman, sedangkan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman adalah dosa (baca Rm 14:23b). Nah lhooo… Lagian buat apa sih takut, kalo Tuhan beserta kita?

Tahukah teman-teman bahwa ada 365 kata “jangan takut” di dalam Alkitab? 365 kata “jangan takut” ini melambangkan betapa Tuhan selalu menjaga kita setiap hari ( satu tahun = 365 hari).

Mungkin sekarang kita merasa lemah, tapi jangan kuatir.. sebab kita mempunyai Allah yang kuat!! We can do it !! So, di tahun 2013 ini, let’s face our fear and achieve anything that God wants us to achieve.. Jesus bless you, always.. (erge)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: