LOVE YOUR LIFE

“ Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah…” adalah sepenggal lirik dari lagu Jangan Menyerah milik band D’Masiv. Melalui lagu ini saya teringat akan hidupku yang kadang mengeluh dan menggerutu atas kejadian-kejadian yang terjadi di luar harapanku. Lagu ini mengingatkan saya untuk lebih memfokuskan diri atas segala sesuatu yang saya miliki dan bukan pada segala sesuatu yang belum saya miliki. Perlahan namun pasti saya mulai mengubah pandangan hidup saya dari yang senang menggerutu kepada pandangan hidup yang lebih sering bersyukur.

Kadang lagu, buku, atau film dapat merubah pandangan hidup kita. Maka sudah sepatutnya kita memilih dengan bijaksana lagu, buku, ataupun film yang akan kita dengar/baca/tonton. Beberapa hari yang lalu buku karangan Victoria Osteen berjudul Love Your Life menjadi bacaan saya. Dan buku itulah yang mendorong saya untuk menulis artikel ini.

Tahukah anda siapa Victoria Osteen? Mungkin beberapa dari Anda mengetahuinya. Dia adalah istri dari Joel Osteen, gembala gereja Lakewood Church salah satu gereja terbesar di Amerika Serikat. Gereja Lakewood Church didirikan oleh ayah Joel Osteen  yaitu John Osteen dan saya percaya banyak orang mengenal ketiga tokoh diatas, paling tidak Joel Osteen. Joel Osteen banyak dikenal di Indonesia melalui karya tulisnya berupa buku-buku best sellernya. Tapi saya yakin hanya sedikit orang mengenal Sam Martin.

Siapakah Sam Martin? Tahukah anda bahwa tanpa Sam Martin, gereja Lakewood Church tidak akan pernah muncul? Tanpa Sam Martin, John Osteen mungkin sekarang hanyalah seorang pekerja biasa? Tanpa Sam Martin, Joel Osteen hanyalah seorang rakyat Amerika biasa?

Tahukah Anda bahwa pada tahun 1939, di sebuah kota kecil di bagian Timur Texas, ada seorang pemuda yang selalu berangkat ke sekolah pagi-pagi sekali sebelum murid-murid lain datang. Sesampainya di kelas ia menuliskan ayat-ayat Firman Tuhan di papan tulis dan itu ia lakukan setiap hari. Teman-temannya menganggap hal itu mengganggu dan aneh sehingga mereka menjauhkan pemuda tersebut. Tetapi pada suatu malam, seorang teman kelasnya bernama John Osteen (ya anda betul, John Osteen adalah ayah dari Joel Osteen) pulang sehabis pesta dari sebuah klub malam sekitar pukul 2 pagi. Dalam perjalanan pulang tiba-tiba John teringat akan salah satu Firman Tuhan yang pernah pemuda aneh ini tuliskan di papan tulis mengenai kekekalan dan John teringat akan semua yang pernah ia lakukan selama ini dalam hidupnya. Sesampainya di rumah John mencari Alkitabnya dan kemudian memballikan suatu halaman dan ditemukannya gambar Yesus sedang berdiri dan mengetuk sebuah pintu. Dibawah gambar tersebut tertulis  “Barangsiapa membuka pintu, Aku akan masuk ke dalam.”

Keesokan harinya John mencari pemuda tersebut dan akhirnya mereka berteman baik. Dan bukan hanya itu, tapi perkenalan dan persahabatan John dengan pemuda ini membawa John menjadi seorang gembala besar sekaligus pendiri gereja Lakewood Church.

Tentu sekarang anda tahu siapakah pemuda aneh tersebut. Ya Anda betul! Pemuda itu bernama Sam Martin. Walaupun Sam Martin tidak pernah berkhotbah di depan banyak orang seperti John Osteen tapi melalui Sam Martinlah John Osteen dapat seperti sekarang ini. Melalui Sam Martin-lah Joel Osteen dapat menggembalakan begitu banyak orang bahkan di luar Amerika sekalipun.

Lima puluh tahun kemudian Sam Martin mengarang sebuah buku berjudul “I Touched One, but He Touched Millons”. Ya betul anda pun dapat menjadi seperti Sam Martin. Apa pun yang anda kerjakan walaupun kecil atau bahkan kadang kelihatannya tidak berarti namun itu semua dapat membawa perubahan besar. Asal anda mau berusaha dengan mulai melakukan hal-hal kecil seperti membantu orang lain, anda dapat membawa perubahan pada dunia ini. Apapun yang anda miliki saat ini, tidak dipengaruhi oleh berapa banyak yang anda miliki, atau berapa besar keahlian yang anda punya, karena bersama Tuhan anda dapat membawa perubahan yang berarti.

Ketidakadilan, korupsi, kejahatan, kemunafikan, kemiskinan, kelaparan akan terus terjadi apabila kita tetap berpangkutangan tanpa pernah berusaha untuk merubah dunia ini. Ketika anda ikut berpartisipasi dalam pemilu saja anda dapat melakukan suatu perubahan besar bagi hidup banyak orang. Ketika anda ikut mendukung penggalangan dana untuk korban bencana alam anda bisa menyelamatkan banyak jiwa. Ketika anda berkata-kata suatu kalimat motivasi di facebook saja anda mungkin sudah sedang merubah paradigma banyak orang. Ketika anda rela untuk diam dan mendengarkan orang yang sedang putus asa anda mungkin sudah menyelamatkan hidupnya dari kemungkinan dia melakukan hal-hal bodoh. Apapun yang anda lakukan sekecil apapun usaha anda saya percaya apabila itu dilakukan dengan hati yang rela dan dari hati yang penuh kasih anda dapat mengubah dunia ini dan masa depan generasi penerus!

Satu hal yang perlu anda lakukan adalah percaya bahwa hidupmu sangat berharga di mata Tuhan. Walaupun orangtua anda sering tidak menganggap anda dan sering menyepelekan anda, Tuhan tidak menciptakan anda secara kebetulan dan Dia juga tidak menaruh anda pada keluarga yang salah, semua telah Tuhan rencanakan untuk kebaikan anda. Tidak ada satupun yang Tuhan tidak tahu mengenai hidup anda karena Dia bukanlah Tuhan yang bisu, tuli, atau buta, tapi Dialah Tuhan yang Maha Tahu, Adil dan Bijaksana. Mungkin anda merasa bahwa hidup anda penuh dengan tangisan, ratapan, keluhan, ketidakadilan, tapi sadarlah Tuhan ada di dekatmu menunggumu untuk menanggapi Dia yang dengan sabar menanti anda untuk menyerahkan segala beban, kekhawatiran, dan kesedihan anda kepadaNya, karena Dia memiliki suatu rancangan masa depan yang indah bagi anda semua! Maka daripada itu CINTAILAH HIDUPMU  karena hidupmu sangat berharga dan hidupmu walaupun sederhana tapi dapat merubah lingkunganmu dan dunia ini!

 

(hugz)

 

2 Komentar (+add yours?)

  1. Novi
    Nov 28, 2012 @ 08:20:23

    setialah pada hal2 kecil…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: