How to Read Your Bible

Alkitab kita itu tebal, seringkali membuat kita bertanya: Bagaimana cara membacanya? Mulai darimana? Nah, semoga guidelines ini dapat sedikit membantu.

 

  • Pertama-tama, MULAILAH DARI PERJANJIAN BARU !! Ini bukan cara wajib, tapi memulai dari kisah Yesus, pribadi yang sudah kita kenal, mempermudah dalam memahami Alkitab. Mulailah dari ketiga Injil sinoptik: MATIUS, MARKUS, dan LUKAS. Walaupun kisahnya mirip, tapi kamu akan menemukan detil-detil yang sedikit berbeda.

  • Injil Yohanes sedikit berbeda. Injil ini disebut Injil Kanonik, yang berisi tentang teologi Yesus. Kita akan lebih mengenal pribadi, ajaran, dan ke-Ilahi-an Yesus melalui Injil ini.

  • KISAH PARA RASUL adalah kitab sejarah tentang Roh Kudus yang bekerja melalui para rasul. Ini menceritakan pergerakan orang Kristen pasca kematian Yesus dan sejarah terbentuknya Gereja. Sadarilah bahwa: Kisah Para Rasul ditulis oleh Lukas😉

  • Lalu, kita akan bergerak ke surat-surat rasul Paulus, yaitu: untuk jemaat di kota ROMA, KORINTUS, GALATIA, IBRANI dan lain-lain. Ingatlah, surat ini paralel dengan Kisah Para Rasul, merupakan pesan rasul Paulus kepada jemaat-jemaatnya, terutama saat dia sedang di penjara.

  • Jangan terkecoh! TIMOTIUS, TITUS, dan FILEMON bukanlah nama kota!! Tapi merupakan kawan-sekerja Paulus. Mereka diberi wejangan secara khusus dalam pelayanannya. Sampai sini kita akan sadar bahwa: Paulus berperan dalam hampir dari 50% isi kitab Perjanjian Baru!

  • Selanjutnya, kita akan bergerak ke kitab-kitab yang ditulis oleh rasul lain, yaitu: YAKOBUS, PETRUS, YOHANES, dan YUDAS. Yang spesial adalah kitab WAHYU, merupakan wahyu yang diberikan Tuhan kepada Yohanes tentang akhir zaman dan kedatangan Yesus yang kedua kali.

  • Waaahhh… tidak terasa nih. Kita telah selesai membaca Perjanjian Baru. Saatnya membuka kitab Perjanjian Lama, yang merupakan kisah kedekatan Bapa dengan Israel, umatnya. Mulailah dari kitab KEJADIAN: yang merupakan sejarah penciptaan bumi dan manusia, dan kisah manusia-manusia awal, seperti: Adam, Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf dan lain-lain. Sadarkah anda: bahwa nama bangsa Israel berasal dari nama pemberian Allah untuk Yakub? Dan nama bani-bani Israel merupakan nama dari kedua belas anak Yakub !!

  • Kitab KELUARAN terutama berisi kisah pembebasan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dan berisi perjanjian TUHAN dengan Israel, umatnya. Kitab-kitab yang mendukungnya adalah: IMAMAT, BILANGAN, ULANGAN, dan YOSUA.

  • Sesudah Israel berada di tanah perjanjian, Tuhan berbicara melalui HAKIM-HAKIM-nya. Disini, kamu akan menemukan tokoh favorit kita semasa kecil: Simson, si manusia perkasa.

  • Kitab SAMUEL, RAJA-RAJA, dan TAWARIKH terutama berisi tentang raja-raja Israel: terutama: Saul, Daud, Salomo, dan keturunan-keturunannya. Disinilah Kerajaan Allah terwujud dalam bentuk fisik, terutama semasa pemerintah Salomo dengan istananya yang megah, dan daerah kekuasaannya yang luas. Sesudah masa pemerintah Salomo, Israel terpecah-belah, sampai dibuang ke Babel.

  • EZRA, NEHEMIA banyak berisi tentang kembalinya Israel dari pembuangan Babel, dan dibangunnya kembali bait Allah. Ada juga kisah heroik ESTER, seorang ratu yang berperan perjuangan bangsa Israel saat itu, dan AYUB, manusia yang tahan dalam menghadapi cobaan.

  • Selanjutnya, kita akan memuji Tuhan dan bernyanyi melalui kitab: MAZMUR. Ingat, sebagian besar kitab ini merupakan doa dan pujian Daud kepada Tuhan. Tapi ada juga yang ditulis Asaf (wakil Daud di Bait Suci) dan Musa. Karena berupa pujian, maka bayangkanlah kitab ini sebagai sebuah lagu. Dan, perlahan teman akan sadar, Kitab ini banyak sekali dikutip dalam lagu-lagu rohani !!

  • Kita akan beralih ke tiga kitab Salomo: AMSAL, PENGKOTBAH, dan KIDUNG AGUNG. Amsal berisi wejangan-wejangan hidup, dibuat saat Salomo muda. Pengkotbah dibuat saat SALOMO sudah tua dan tertindas. Makanya, isinya terasa lebih keras dan pahit (baca: 2 Raj). KIDUNG AGUNG merupakan kidung Salomo mengenai hubungan suami-istri. Biasanya, kitab ini merupakan favorit para pria :p

  • Selanjutnya, Perjanjian Lama berisi tentang kitab-kitab nabi besar, seperti: YESAYA, YEREMIA, DANIEL, dan lain-lain, juga kitab-kitab nabi kecil, seperti: HOSEA, YOEL, AMOS, dan lain-lain. Ingat, besar-kecil disini hanya mengacu pada panjang kitab yang dibuat, bukan pada tingkat pentingnya kitab tersebut.

  • Sampai di MALEAKHI, berakhirlah petualangan orang beragama Kristen Protestan dalam membaca Kitab Suci. Tapi kita, sebagai umat KATOLIK, tentu mau lebih!! Maka sampailah kita di DEUTEROKANONIKA !! Deuterokanika, atau disebut “Kanon yang kedua” berisi tokoh-tokoh seperti: TOBIT si pengubur mayat, YUDIT pejuang wanita, SIRAKH nenek pemberi nasihat, MAKABE sang pejuang kemerdekaan. Sangat menarik untuk mencermati Roh Kudus bekerja juga melalui diri mereka.

 

Bagaimana teman-teman?? Mulai tertarik untuk membaca Alkitab?? Mulailah dengan 2 bab setiap hari, lalu tingkatkan juga dirasa perlu.. Maka, lambat-laun, tahu-tahu kita akan selesai membaca seluruh isi Kitab Suci kita !! Jangan lupa juga, berdoalah, minta bimbingan Roh Kudus sebelum membaca. Have a nice reading, God bless you, all !! {erge}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: