Kambing atau Domba

“.. Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari pada kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya” ( Mat 25:32-33 )

 Dalam beberapa perumpamaannya, Tuhan kita, Yesus Kristus, sering mengumpamakan diri-Nya sebagai seorang gembala baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya, dia mengenal domba-dombanya, seperti domba-dombanya mengenal dia. Jika ia mempunyai seratus domba dan kehilangan seekor di antaranya, ia akan meninggalkan yang banyak  dan pergi mencari yang sesat sampai ia menemukannya.

 Betapa beruntungnya kita ! Mempunyai gembala seperti Tuhan Yesus.. Dia begitu baik, penyayang, dan mengasihi domba-Nya. Naahh.. pertanyaannya: Apakah kita sudah menjadi domba-domba-Nya? Atau jangan-jangan kita malah menjadi kambing, yang nanti akan dipisahkan dari kawanan domba. Sambil introspeksi diri kita sendiri, marilah kita perhatikan ciri-ciri kambing dan domba:

 

Ciri kambing:

1. Agresif (sulit dikendalikan) biasanya terjadi kurangnya komitmen

2. sering bermasalah dengan anggota rombongannya,tdk memiliki jiwa yg lemah lembut

3. Individualistis tdk memiliki semangat kerjasama dan kesatuan

4. Kehidupan kristennya diisi dengan kekalahan dan rasa tidak puas

 Ciri domba:

1. Selalu mengikuti gembalanya (gembala yg mengendalikan domba) dan mengenal gembalanya

2. Domba tidak mengingat-ingat setiap detail perbuatan kasih maupun pengorbanan yg dilakukan bagi sesamanya

3. Selalu ikut dalam kawanan, dalam satu kesatuan

Nah, bagaimana dengan keseharian kita? Lebih mirip kambing atau domba? Apakah kita sulit dikendalikan, atau selalu mengikuti jalan-Nya? Apakah kita masih bermasalah dalam komunitas, atau sudah mau melupakan kesalahan teman kita? Apakah kita masih individualistis atau sudah mengutamakan kesatuan Gereja?

Jadi, apakah kita mau menjadi kambing atau domba? Domba ditempatkan di sebelah kanan-Nya, diberkati dan menerima Kerajaan Allah (Mat 25:34). Sedangkan kambing dikutuk, dienyahkan ke api yang kekal untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya (Mat 25:41). Pilihan ada di tangan anda! (Ronald)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: