ADAKAH KRISTUS TERBAGI-BAGI ?

“Kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus. Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?” ( 1 Kor 1: 12-13)

Kita lihat dulu yuk, latar belakang dari kata-kata Paulus ini. Ini adalah Surat Paulus yang pertama kepada jemaat di Korintus. Pada waktu itu, di Korintus terdapat beberapa pewarta Injil, di antaranya: Paulus, Kefas (atau biasa disebut: Petrus), dan Apolos. Apolos adalah pewarta Kitab Suci, tanpa dia hanya mengenal baptisan Yohanes (baca Kis 18:24-28). Masing-masing dari ketiga orang ini punya pengikut, dan pengikut-pengikutnya merasa dirinya paling benar, sehingga terjadi perselisihan di antara mereka (padahal pemimpinnya tidak berselisih !! ). Inilah yang dikritik oleh Paulus.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari, secara tak disadari, hal ini juga sering terjadi pada kita. Kita seringkali berselisih dengan jemaat seiman, baik dalam satu Gereja, maupun dengan Gereja lain. Yang konkret, misalnya anggota suatu Persekutuan Doa (PD) berselisih dengan PD lain, dengan unit-unit Gereja yang lain, seperti: Legio Maria, Koor, OMK, dll. Terkadang kita menganggap kegiatan kita yang terbaik, menganggap rendah kegiatan yang lain, sehingga tidak mau bergaul, apalagi ikut kegiatan mereka. Lho.. Bukankah, kita semua satu KRISTUS !! Satu Gereja pula!! Bagaimana mungkin ini bisa terjadi..

Dengan jemaat Gereja lain juga sama. Kita sering antipati dengan ajaran Gereja lain, menganggap ajaran mereka salah, dan memaksakan ajaran kita kepada mereka. Lho.. Bukankah kita sama-sama KRISTEN (baca: pengikut Kristus) ? Agama hanyalah cara kita masing-masing untuk menghayati ke-Kristen-an kita. Kalo caranya berbeda.. Gapapa kan? Yang penting satu KRISTUS !!

Maka, marilah kita memahami kembali ke-Kristen-an kita. Kita adalah pengikut Kristus, bukan pengikut PD, pengikut Gereja, atau kegiatan-kegiatan lain. Marilah kita lebih terbuka dengan jemaat-jemaat seiman di sekitar kita. Yuk, kita bangun kerjasama yang lebih baik dengan jemaat se-Gereja, se-paroki, se-kota, atau bahkan se-Indonesia! Kita adalah kawan sekerja Allah, maka marilah kita bekerja bersama-sama di ladang Tuhan. (Ronald)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: